Sunday, February 24, 2013

Page 46-48 of 365 (Retreat 2013)

Hereee Heree......
Setelah 2 bulan bekerja keras Puji Tuhan acara ini dapat berjalan dengan lancar selancar main perosotan (?)

Day 1 [Photo]
Gue bersama Tim Advance dari PD berangkat pukul tet 7.15. Perjalanan menuju lokasi kurang lebih 3 jam. Ternyata sampe sekitar jam 10
Beres-beres tempat, pasang spanduk, mindahin kursi kesana-sini dan masang kantung pesan kelas 12 anak PD.

Sekitar jam 3 sore kak monic whatssapp "Dit, kita udah mau sampe." Yang tadinya duduk-duduk menghadap ke kolam langsung sigap berdiri dan ke daerah vilanya untuk nungguin disana. Ada telpon katanya "Kita udah sampe didepan gerbang". Waktu gue liat sempet berpikir, gerbang manee perasaan gue di parkiran deket gerbang kagak ada bus yang dateng. Dan ternyata mereka di parkiran depan udah deh lari-lari ke gerbang depan, untung gak jatoh biasanya kalo gue lari kambuh deh penyakit (keseleo) eh ternyata gak yaudah deh capek, mandi keringat, dan asma ringan. Udah deh niatnya pengen pingsan eh gak bisa -__-.

Pasukan-pasukan retreat udah nurunin barang bawaannya, yak tak suruh jalan keatas naik terus naik, terus hahaha capek noh capek hahaha. Waktu mau naik tangga, liat fraternya bawa barang bawaan pasukan retreat kasian juga ckckck dasar pelajar siaul merepotkan frater dodo sama frater paul hahaha.
Semua peserta waktu udah sampe di villa masih main ayunan dulu (dasar mkkb[masa kecil kurang bahagia])

Sekitar jam 6 kita ada perkenalan. Disiniii peserta memperkenalkan nama dengan gerakannya sendiri. Rata-rata sih gayanya keceee tapi ada yang sok jagoan. Intinya waktu perkenalan seru sih semua masuk kedalam atmosfer bahagia. Ada games kecil-kecilan gitu disebutnya sih ice breakers. Saya lupa lirik sama iramanya -__- maafkan sayaa. Dan juga ada pengumuman bahwa selama retreat ini main Angel-Human, jadi Angel ini akan memperhatikan si Human, tapi Human ini gak boleh tau Angel-nya siapa. Angel-nya bisa dibilang itung-itung modus lah yaaaa.

Sehabis perkenalan makan malam. Selanjutnya adalah Sesi 1 dengan judul "Who am I?" Seberapa jauhkah kita mengenal diri kita.. Cailah gaya banget bahasanya sist & bro. Nah liat materinya kan yaaa abis itu disuruh nulis nama idola yang famous-famous. Udah ditulis terus dikumpulinkan. Abis itu suruh nebak nama idola yang tertempel dipunggung kita. Tadi gue nulis nama abang gue ya "Choi Siwon". Sekarang nyari jatidiri pake nama idola yang dibelakang. Nah boleh nanya ke orang tapi yes/no question. Jawaban yang didapet dia itu penyanyi, cewek, Indonesia, inisial A, lagunya pop. Bingung gue siapa orangnya eh ternyata waktunya habis dan ternyata gue itu menjadi "Agnes Monica". Yak sodara-sodara sekalian tepuk tangannya dulu *prokprokprok* Nulis Siwon dapetnya Agnes, ada gerangan apakah ini, heh cocok banget ye sama real life Siwon-Agnes, Agnes-Siwon udah deh kesel gue ya karena dapetnya musuh dalam percintaan. Disamping itu sih seneng berarti gue sama abang ada ikatan gitu (?).
Meaning dari games itu sih kalo kita gak cocok sama sikap atau sifat orang yang kita tiru ya gak usah dilakukan hahaha sip deh mas bro mbak sist. Sehabis sesi kita disuruh memikirkan seperti apa sih kita kalo dituangkan kedalam gambar atau simbol tertentu. Akhirnya karena waktu sudah habis kita disuruh tidur

Day 2 [Photo]
Banguuunnnn.... Banguuunnnn jam 5, lebih tepatnya 5 kurang. Bangunin semua peserta-peserta itu untuk olahraga pagi hehehe. Sekitar jam 5.15 kita turun ke tempat parkiran atas bukan parkiran waktu peserta sampe. Bawa laptop sama speaker capek-capek sampe pengen pingsan. Pemanasannya setiap peserta melakukan gerakan 1 terus diikutin sama peserta lain. Setelah pemanasan gue kira olahraganya lari apa gimana gitu ternyata olahraga otak. Ckckck kalo olahraga otak gue kurang jago dan sering keseleo. Dengan iringan lagu J.lo dan Depapepe kita mengikuti gerakan yang dipimpin oleh frater dengan berjalan tidak lancar. Setelah olahraga doa pagi ditemani angin sejuk dipagi hari dan melihat matahari terbit suit suit.

Sehabis itu mandiii buuu paak deeek masss, mbaaaakkk mandi pagi dengan air dingin. Mandi lalu makan dan dilanjutkan dengan Sesi 2 dengan judul "Asas dan Dasar." eaaa kaya belajar PKn aja. Disesi kedua ini kita disuruh ice breaking dulu dengan bercermin cewek-cowok. Gila bercermin tapi pantulan cerminnya ada yang lumayan dan lumayan banget. Selanjutnya para peserta ini disuruh gambar sebuah simbol yang diminta tadi malem dan juga menuliskan pengalaman yang paling menyenangkan dan paling menyedihkan. Kertas tersebut dituker sana-sini lalu dibacakan, cieeee banget sih pengalamannya dibacain. Kalo gue sih simbolnya pohon tapi itu gak ditanyain kenapa pohon, pengalaman menyenangkannya "Bagaimana cara mendapatkan tiket" waktu itu dibacain semua langsung melihat gue seakan mereka sudah mengenal gue secara mendalam oh God perhatiannya... Ditanyain kenapa pengalaman menyenangkannya ini, jawabnya adalah [ceritanya lagi cerita] hehehe canda jadi intinya kenapa gue nulis pengalaman tersebut karena gue mencari tiket tersebut bersama teman, satu gak dapet semua gak dapet, sama-sama pusing nyari dimana lagi tiketnya sedangakn acaranya H-21 hari. Banyak banget calo dan harganya 2x lipat njirrr, calo pengen dibunuh tuh rasanya. Ada celah-celah kesempatan online sale dan Puji Tuhan dapet. Loncat-loncat kesana kemari, kabarin temen kalo dapet tiketnya. Udah deh sibuk mintain duitnya buat dibayar eh nonton juga konsernya. Semua dapet semua merasa senang dan gak ada yang gak seneng kalo melakukan bersama-sama. Pengalaman sedihnya itu ditinggal temen huhu T_T melankolis banget hidup gue tapi ini gak ditanyain sih. Nah disesi ini itu ternyata kita diminta untuk saling sharing dan merasakan suatu kepedulian dan kebutuhan terhadap sesama seiman. Semua tau apa yang terjadi dalam diri lo dan semua ingin membantu lo menghibur maupun menjadi bagian dalam suka dan duka kita.

Sehabis sesi ada coffee break, namanya sih itu tapi sebenernya istirahat doang hahaha soalnya gak ada makanan, pesertanya dari yang mukanya seneng mau dapet makanan eh kusut banget.
Dilanjutkan dengan Sesi 3 "See-Judge-Act." Pemanasannya kita perlihatkan 2 klip. Pertama MV dari Trio Cewek korea Kiss dengan judul "Because I'm a Girl" (내 여자 이니까) selanjutnya klip berjudul Mother Teresa *gak nemu videonya, mianhae*. Dari dua video itu kita mendapatkan bahwa apa yang kita perbuat kepada orang lain didasarkan kepada apa yang kita lihat dan kita pertimbangkan. Semuanya itu gak akan sia-sia dikarenakan berdasarkan rasa cinta kasih.

Setelah sesi 3 dilanjutkan dengan acara makan siang untuk mengisi energi tubuh yang nantinya akan dipakai dalam waktu outbond, aseeek. Waktu outbond pada protes soal pembagian kelompok hehehe, sian ya tapi gimana orang kelompoknya dipilih berdasarkan tang ting tung hahaha.
Sebelum memulai ada permainan kecil-kecilan dimulai dari yaaa bikin lingkaran diiringi dengan lagu, cerita tentang tupai-pohon-pemburu-penebang, samson-singa-dan-ceweknya si samson(lupa namanya). Ketika permainan yang bikin lingkaran itu sebenernya ngerjain sih soalnya kita harus balik arah kalo lagunya ada kata-kata "jalan". Faktanya judul lagunya itu Jalan serta Yesus, gimana gak capek orang 75% liriknya ada kata jalan -__-. Permainan samson dan teman-temannya itu kaya main suit tapi pake gerakan. Kalo samson ya gaya cowok gitu, si ceweknya samson gemulai nah singa gayanya kaya nerkam gitu. Samson vs Singa menang Samson, Samson vs Ceweknya menang si Cewek, Cewek Samson vs Singa menang si Singa. Cerita tupai dan pohon-pohon. Satu regu ada 3 orang, 2 jadi pohon dan 1 jadi tupai. Kalo dicerita itu misalnya "...penebang pohon datang.." nah pohonnya harus berganti pasangan, kalo "...pemburu datang.." tupainya harus ganti pohonnya, kalo "....ada kebakaran..." semuanya harus ganti pasangan, nah yang bikin ribet kalo "...banjir datang..." si tupainya di gendong sama pohon. Gimana ribet kalo tupainya kurus kecil sih gampang, kalo gak? ya susah hahaha. Akhirnya permainan pun dimulai, sayangnya waktu baru mulai ya sekitar 5 menit hujan pun datang hiks hiks sedih gak sih. Semua peserta kembali ke villa, untungnya ada games yang bisa dilakukan didalam ruangan. Akhirnya kita main analitical cases, begini ceritanya.. intinya aja sih

Ada sepasang kekasih namanya Galih-Gladys. Si Galih merantau di Pulau Y dan Gladys ada di Pulau X. Sudah bertahun-tahun (ceritanya) Si Galih gak pulang-pulang ke Pulau X, akhirnya Gladys memutuskan untuk pergi ke Pulau X. Akan tetapiii perjalanan ke Pulau Y itu terdapat rintangan besar dimana Laut tersebut katakanlah banyak terdapat hiu yang buas. Untungnya ada Pelaut yang sangat handal di pulau tersebut. Kemuadian Gladys meminta pertolongan kepada Pelaut tersebut. Pelaut tersebut mau menghantarkan si Gladys menyebrangi pulau dengan 1 syarat, yaitu tidur dengannya. Si Gladys bingung harus bagaimanakah dia untuk menemui si Galih dikarenakan dengan persyaratan yang diajukan oleh Pelaut tersebut. Selanjutnya di bertanya kepada sebutlah dia Bijak, dikarenakan paling bijak sepulau itu. Si Bijak memberikan saran ke Gladys bahwa terserah Gladys untuk mengambil keputusan yang tepat. Akhirnya si Gladys pun memutuskan untuk memenuhi syarat si Pelaut tersebut. Setelah sampai di Pulau Y Gladys pun segera menemui Galih. Mereka bertemu dan  bercerita banyak hal, tetapi Gladys merasa tidak enak dengan Galih karena suatu kejadian. Dengan perasaan bersalah akhirnya Gladys memberanikan diri untuk mengaku kepada Galih bahwa Ia sudah tidak perawan lagi. Mendengar cerita tersebut Galih marah dan memutuskan hubungannya dengan Gladys. Sakit rasanya hati Gladys menerima pernyataan Galih. Kemudian Gladys pun kembali ke Pulau X. Di Pulau X Gladys menceritakan ceritanya kepada Sahabatnya (sebut saja Mawar) tentang Perjalanannya bertemu Galih. Mendengar kisah si Gladys, Mawar merasa marah kepada Galih dan Pelaut tersebut dan ingin membalaskan dendam Gladys.

Siapakah yang paling bersalah dalam cerita ini?
Jawab sendiri yaaaa

Setelah games tersebut, pasukan ini diperbolehkan untuk mandi-mandi membersihkan badan mereka dan menyantap makanan ringan. Yaaaa sekitar jam berapa yaa pokonya abis mandi pasukan ini disajikan sebuah film/movie yang berjudul mmm bentar ya tak cari dulu.... *semenit* -> *duamenit* -> *10menit* -> *sejam* udahlah gak jadi hahaha. Dengan judul "Lean on Me" sekitar 2 jam mereka nonton film ini. Ada yang tiduran lah, duduk sila, dan bermacam-macam posisi menonton mereka saat menonton film ini. Sementara saya repot ngurusin makanan takut habis hahahaha

Film selesai, pada ngantuk semua muka-mukanya. Untuk menghilangkan muka jelek itu saya haha bersama panitia dadakan hahaha membuat acara berhubungan dengan makan yaitu candle light dinner. Agak ngerjain sih ya gimana lagi, malam retreat terakhir (2013) harus ada sesuatu yang gak bisa dilupakan aseeeek. Semua berpasangan kecuali saya, 1 orang kakak kelas, dan 1 orang adek kelas dengan alasan adeknya itu sakit ya jadiii gimana kalo orang sakit jangan ikut kaya begini yak. Didalam makan malam ini hahaha, saling menyuapi satu sama lain yaa minimal 3 sendok lah masa makan sendiri-sendiri 1 piring nyuapin diri sendiri, gak lucu toh. Acara makan malam yang 25% romantis 50% berantakan dan 25% ada chemistrynya hahaha lucu ya mana ada yang modus segala.

Selesai acara makan malam ini, kita ada APSI (Apresiasi Siswa) dan dibagi berdasarkan kelompok out(in)bond tadi. kurang lebih 45 menit persiapan (lama banget kaya mau tampil dikonser) Akhirnya mereka mempertontonkan kemampuan mereka dalam seni. Kelompok penampilan 1, mereka mempertunjukan dan menyanyikan sebuh lagu berjudul "King of Majesty" . Kelompok selanjutnya mempertunjukan sama seperti kelompok 1 tetapi beda lagu. Lagunya itu lagu sekolah minggu, bisakah kalian tebak judulnya apa? (apa ya? menurut lo? duh lupa lagunya itukan dulu banget waktu kecil) Dengan judul "Yesus Pokok." tepuk tangan dulu dong *prokprokprok*. Kelompok penampilan 3 mempertunjukan sebuah parodi tentang Madre Teresa. Nah kelompok terakhir itu kelompok saya mempertunjukan semi drama komedi dilanjutkan dengan mashup lagu Dewa19 - Kangen: Stingky - Mungkinkah dan Mukjizat Itu Nyata. Sayangnya lupa tak rekam padahal bagus loh hehehe. Semua pertunjukkan pasukan ini bagus semua kok bermeaning. Intinya ada yang kesimpulan dari Sesi "See-Judge-Act" terus kita merasa merindukan Tuhan dan sesama kita, kita juga diingatkan tentang masa kecil kita sewaktu di sekolah minggu dan walaupun terpisah jarak-umur-dll kita harus setia-kompak-menyayangi T_T sedih. AAAAAAA eommmaaaaaa kangen retreat.

Setelah retreat ada doa malam, yaaa bisa dibilang kita bersyukur kepada Tuhan atas hari yang Ia berikan kepada kita untuk kebersamaan ini. Sehabis doa gak semua pasukan ini langsung tidur, ada yang masih nonton, ada yang main kartu dan ada yang ngegalau. Merasa hari kedua ini gak mau berakhir

Day 3

Jam 6 pagi, tttteeeeennnnggggg!!!!!!!!!!! Bangun semuaaaaa niatnya sih mau doa pagi dilapangan basket. Ternyata eh ternyata hujan (yaaaaahhhhh) kecewa sih ya gak perlu soalnya mau gimana lagi. Yaudah deh doa paginya diganti dan disuruh pada mandi. Habis mandi ada makan pagiiii. Gue syok soalnya ada 1 pasukan yang masih sakit. Cariii obat nanya ke anak PD, dan anak PD juga gak ada bagian P3K. Yaudah gue lari-lari ke warung terdekat beli obat terus balik lagi untuk ngasih obatnya. Pasukan yang sakit ini minta balik ke rumah. Nelponlah dia ke bapake minta dijemput.

Setelah pada selesai makan hampir 30 menit kemudian kita nih kita menuju Lembah Karmel untuk misa di gereja. Sialnya oh sialnya jembatannya putus (padahal udah tau dari seminggu yang lalu putus tapi ternyata gak hancur bangetlah) dan gak bisa dilewati sama bus dengan tempat duduk sekitar 25-30 orang. Bisa dibilang carter lah 2 buah angkot. Udah deh setuju noh dengan harga segitu. Waktu udah sampe ditempat si angkot ini bilang itu hanya untuk 1 angkot aja, udah deh malesin banget kan orang kaya begono. Kalo gue sih mending bayar keputusan awal, tapi pada bilang gini "Udahlah ikhlasin aja duitnya." Gimana ya kalo uang sih gak masalah, tapi udah dibohongin kaya gitu, harusnya sebelum naik nulis diatas kertas pake materai tuh tapi gak ada waktu lagi udah kepepet jamnya sama misa di karmel.

Misa di Karmel itu ada suatu pengalaman. Jalan ke gerejanya menaiki bukit dulu (kambuh sakitnya kambuh, gue sih berhenti dulu untuk menghilangkan sakit ini bodo amat dah ketinggalan pasukan yang penting gak pingsan di jalan). Jalannya suatu misa di Karmel tidak seperti gereja Katolik pada umumnya *yaceritanya jalannya misa udah diceritain*. Tapi gue pribadi gak tau kenapa waktu menapakan kaki di gereja itu ada sesuatu yang bikin keseimbanngan gue goyah. Ya mungkin efek samping dari penyakit gue yang kambuh, tapi tetep aja jarang gue merasakan hal seperti ini. Selesai misa udah deh mengikhlaskan uang tersebut T_T duh udah banting tulang uangnya dipake sama penipu. Perjalanan ke vila lagi memakan waktu sekitar 30-45 menit.

Ceritanya nih ternyata disuruh check out jam 1, dan itu udah jam 12.45. Langsung panik brukbrukbruk barang bawaan pasukan dikeluarin dari vila dan disuruh pada makan. Udah dikasih tuh kuncinya eh ada kesalahanpahaman udah deh makan pun terhenti sementara yang lain udah selesai makannya(sabar yaa dit emang-emang deh). Abis (saya) selesai makan foto-foto sama spanduk. Langsung pulang dan balik deh ke DKI Jakarta. Acara dilanjutkan di bus karena waktu yang meminta kita untuk di bus. Udah pada ketahuan tuh siapa Angel-Human hihihi kasian juga ada Human yang merasa gak diperhatikan sama Angel dia kasian kasian sabar yak emang beda cara Angel-nya memperhatikan Human. Lancar-lancar saja perjalanan pulang sampai di daerah Ciloto terkena one way kurang lebih 1 jam lah. Pada laper nih beberapa pasukannya, ada juga yang kebelet buang air. Beberapa orang yang laper, kebelet buang air dan ada yang menemani mereka turun dari bus dan mencari tempat yang diinginkan untuk mencari makan serta buang air. Baru 10-15 menit eh ada mobil sedan kalo gak salah dengan sirene-nya ngiung-ngiung dan memberitahukan "Oneway dibuka Oneway dibuka." Pasukan yang lagi diluar awalnya panik gimana yak kalo jalan, ketinggalan nih tapi dodolnya abis panik beberapa detik kemudian malah nyanyi-nyanyi. Sedangkan yang berada didalam bus nelpon-nin saya dan juga sms tapii gak saya lihat dan baru tau waktu udah di bus hahaha, maaaf yaaa gak kerasa. Ada 1 pasukan yang keluar dari bus dan menjemput kita (dilang sweet gak ya, tapi males haha tapi makasih loh) udah deh kita lari-larian ngejar busnya sambil kehujanan (berhubung pada saat itu hujan).

more photos...

0 komentar:

Post a Comment

 
;